Audiensi FKP Regsosek dan ST2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang

Layanan Offline melalui Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Semarang || Layanan Online melalui email bps3322@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, WA-official 0813-8594-3322, zoom meeting dengan perjanjian, atau pst.bps.go.id || Pengaduan layanan dapat disampaikan melalui PST BPS Kabupaten Semarang, email bps3322@bps.go.id dengan subject Pengaduan, WA-official 0813-8594-3322, website semarangkab.bps.go.id pada menu pengaduan

Audiensi FKP Regsosek dan ST2023

Audiensi FKP Regsosek dan ST2023

31 Maret 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jumat 31 Maret 2023, BPS Kabupaten Semarang melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang Drs. Djarot Supriyoto, MM. Pada kesempatan tersebut Kepala BPS Kabupaten Semarang, Sri Wiyadi menyampaikan rencana pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) atas hasil Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang telah dilakukan pada tahun 2022.

FKP yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-21 Mei 2023 adalah tahapan finalisasi hasil pendataan Regsosek yang dilakukan melalui validasi silang antara hasil pengolahan data dengan pengetahuan masyarakat untuk kemudian diputuskan melalui musyawarah mufakat. FKP merupakan bentuk kontrol sosial dan partisipasi mayarakat dalam penyusunan basis data terkait ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga berdasarkan model Proxy Mean Test (PMT).

Peserta FKP terdiri dari ketua RT atau perwakilan yang memahami keadaan masyarakat setempat serta lima orang perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua/ pengurus lembaga desa. Selain itu diundang juga Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk membantu memberikan pengamanan.

Dalam pelaksanaan FKP, BPS membutuhkan dukungan pemerintah daerah khususnya terkait koordinasi dengan seluruh jenjang pemerintahan baik di level kecamatan dan desa/kelurahan, penggunaan fasilitas kecamatan atau desa/kelurahan sebagai tempat penyelenggaraan FKP serta penugasan Kepala Desa/Lurah untuk menjadi fasilitator FKP d wilayah masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Wiyadi juga menyampaikan agenda pelaksanaan Sensus Pertanian (ST2023) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2023. ST2023 bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi pertanian seperti direktori pelaku usaha pertanian, geospasial statistik pertanian, struktur demografi petani, penggunaan lahan pertanian, indikator SDG's terkait pertanian serta berbagai indikator pertanian lainnya. Data dan informasi tersebut akan dijadikan dasar pengambilan kebijakan di sektor pertanian untuk meningkatkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani Indonesia.


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang (Statistics of Semarang Regency)Jl.Garuda No. 7 Ungaran

Telp (62-24) 6921029

Faks (62-24) 6921029

Mailbox : bps3322@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik