Penanganan Dampak Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Semarang - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang

Layanan Offline melalui Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Semarang || Layanan Online melalui email bps3322@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, WA-official 0813-8594-3322, zoom meeting dengan perjanjian, atau pst.bps.go.id || Pengaduan layanan dapat disampaikan melalui PST BPS Kabupaten Semarang, email bps3322@bps.go.id dengan subject Pengaduan, WA-official 0813-8594-3322, website semarangkab.bps.go.id pada menu pengaduan

Penanganan Dampak Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Semarang

Penanganan Dampak Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Semarang

29 Januari 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang kurang bagus terhadap perekonomian masyarakat. Hal ini lah yang memaksa Pemerintah Kabupaten Semarang untuk berpikir keras bagaimana mencarikan jalan agar masyarakat tidak terdampak lebih berat lagi. Pada Hari Rabu-Kamis, 27-28 Januari 2021 bertempat di Ruang Aspirasi DPRD Kabupaten Semarang dilakukan Pembahasan Pansus Non Raperda Tentang Penanganan Dampak Ekonomi Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut diikuti oleh Anggota Dewan dari Komisi A, Komisi B, Komisi C dan Komisi D serta 15 instansi/lembaga yang terkait dalam penanganan prekonomian masyarakat, yaitu Badan Keuangan Daerah, Dinas Kumperindag, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan, Dispermasdes, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja, Bagian Perekonomian dan SDA, Bagian Hukum, BPS, PT Bank Jateng, PT BPR BKK Perseroda, PDAM, dan PT BKK Cabang Semarang.

Dalam rapat pembahasan tersebut, BPS dalam hal ini dihadiri oleh Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik, Wiwit Santi W, SST, MSi mendapat kesempatan untuk memberikan penjelasan mengenai kondisi masyarakat serta perekonomian secaara umum di Kabupaten Semarang selama masa pandemi Covid-19. Selain itu dijelaskan pula batas kewenangan penyajian data antara BPS yang merupakan instansi vertikal dengan SKPD yang merupakan penanggungjawab data sektoral.

Rapat pembahasan yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi B, Joko Widodo tersebut menghasilkan beberapa rumusan diantaranya adalah agar pemerintah segera mengalokasikan anggaran untuk penanganan pandemi di bidang kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial dan penanganan dampak ekonomi. Selain itu, juga perlu adanya stimulus anggaran serta merealisasikan program kegiatan untuk membantu UMKM bangkit akibat dampak pandemi.

Selanjutnya hasil perumusan tersebut akan dibawa ke sidang paripurna DPRD untuk mendapatkan persetujuan para anggota dewan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang (Statistics of Semarang Regency)Jl.Garuda No. 7 Ungaran

Telp (62-24) 6921029

Faks (62-24) 6921029

Mailbox : bps3322@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik