SIMPATIK (Sistem Pendampingan Statistik) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang

Layanan Offline melalui Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Semarang || Layanan Online melalui email bps3322@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, WA-official 0813-8594-3322, zoom meeting dengan perjanjian, atau pst.bps.go.id || Pengaduan layanan dapat disampaikan melalui PST BPS Kabupaten Semarang, email bps3322@bps.go.id dengan subject Pengaduan, WA-official 0813-8594-3322, website semarangkab.bps.go.id pada menu pengaduan

SIMPATIK (Sistem Pendampingan Statistik)

SIMPATIK (Sistem Pendampingan Statistik)

16 November 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Senin (16/11/2020) BPS Kabupaten Semarang mencanangkan program terbaru yakni Simpatik (Sistem Pendampingan Statistik). Pencanangan dan sosialisasi ini disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Semarang, Tina Wahyufitri, di ruang pertemuan Barenlitbangda Kabupaten Semarang bersamaan dengan Rapat Koordinasi Pengelolaan SIPD. Program ini merupakan implementasi visi BPS “Penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju”, yang tentunya sejalan dengan PerPres No 39 tahun 2019.

PerPres No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia menyebutkan bahwa Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memiliki Metadata (Pasal 3.b). Selanjutnya disebutkan bahwa Metadata adalah informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan Data, menjelaskan Data, serta memudahkan pencarian, penggunaan, dan pengelolaan informasi Data (Pasal 1.7).

Metadata bertujuan untuk menghidari terjadinya duplikasi kegiatan statistik dan memudahkan pengguna data untuk menelusuri kegiatan statistik. Maka dari itu penting bagi perangkat daerah selaku produsen data sektoral memiliki rekomendasi kegiatan statistik dan metadata statistik.

Dalam kegiatan ini disampaikan juga materi dalam bentuk leaflet sehingga peserta dapat melakukan tindaklanjut pengelolaan data statistik di unit kerja masing-masing dengan koordinasi bersama BPS.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang (Statistics of Semarang Regency)Jl.Garuda No. 7 Ungaran

Telp (62-24) 6921029

Faks (62-24) 6921029

Mailbox : bps3322@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik